10 Tips Buat Kamu yang Mau Mulai Jadi Traveler

Ilustrasi seorang wisatawan. (marketingtochina)



Jakarta - Siapa yang tak suka jalan-jalan? Berkunjung ke tempat baru dan menikmati suasana di luar rutinitas tentu menyenangkan, terutama buat kamu yang memang senang traveling. Kalau memang kamu ingin memulai menjadi petualang dan membuatnya sebagai kegiatan wajib, syukur-syukur menghasilkan, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

Ketika menjadi traveler, kamu bukan sekadar melepas penat dan membahagiakan diri sendiri dengan perjalanan yang dilalui. Kamu mesti pandai menceritakan dan mengambil gambar yang menarik untuk berbagi cerita. Tapi, sebelum jauh berpikir bagaimana kamu mengisahkan perjalanan, ada hal-hal yang mesti kamu pahami sebelum memulai perjalanan.

Mengutip Forbes, berikut 10 tips buat kamu yang mau mulai jadi traveler.

1. Mulai dari tempat yang mudah

Mulai dari tempat yang mudah di sini maksudnya, lokasinya dekat, aksesnya gampang, bahasa yang bisa dipahami, dan biaya terjangkau. Contoh, kalau tinggal di Jakarta, kamu bisa mulai melancong ke Bogor, atau Cirebon, Bandung, Jawa Barat, dan wilayah di sekitarnya. Detailkan perjalananmu sehingga bisa menjadi informasi yang menarik bagi orang lain.

Apabila kamu memilih destinasi wisata di luar negeri, mulailah dari negara yang memiliki kesamaan bahasa, misalnya ke Malaysia atau Brunei Darussalam. Negara-negara yang bebas visa juga merupakan pilihan menarik karena kamu tak perlu repot mengurusnya.

2. Komunikasi

Tersambung dengan banyak orang melalui Internet adalah keharusan. Bayangkan betapa sia-sia rasanya jika kamu tak bisa mengunggah gambar di akun media sosial saat itu juga ketika sedang menikmati pengalaman berkesan di satu tempat. Jadi, pastikan koneksi jaringan ponselmu selalu oke.

Bagi kamu yang bepergian ke luar negeri, pastikan ponsel yang kamu gunakan bisa bekerja untuk kartu SIM dari berbagai operator selular. Ponsel yang 'factory unlock' ini akan memudahkanmu dalam berkomunikasi di manapun berada. Sesampainya di negara tujuan, pilih provider yang memiliki sinyal kuat dan stabil meski kamu berpindah tempat. Dan, pertimbangkan juga harganya ya.

3. Tas yang pas

Tas yang dipakai untuk bepergian ke gunung, ke pantai, atau ke tempat wisata yang nyaman tentu berbeda. Kadang kala kamu perlu membawa backpack, ada juga tempat yang nyaman untuk membawa koper. Pastikan kamu tahu tas yang cocok untuk membawa semua perlengkapan di sepanjang perjalanan lokasi tujuan.

4. Bawa perlengkapan yang tepat

Ketika tas sudah dipilih, kini waktunya memilah isi tas. Jika membawa peralatan elektronik, pilihlah yang ringkas dan tak makan banyak tempat. Contoh, headphone lebih praktis dibawa ketimbang headset. Komputer tablet bisa menjadi pilihan daripada membawa laptop.

5. Teknik berkemas

Berkemas ini susah-susah gampang. Mungkin pada mulanya kamu ingin membawa semua barang yang ada di daftar. Kalaupun muat dimasukkan ke dalam tas, perhatikan bobot atau berat keseluruhan. Pastikan kamu tidak keberatan membawa semua itu karena akan menguras tenaga dan membuat lelah sepanjang perjalanan.

6. Data di cloud

Jika kamera tertinggal atau memori card yang kecil itu terselip entah di mana, kamu tak perlu khawatir karena semua data atau dokumentasi perjalanan sudah tersimpan di cloud. Kini ada banyak layanan data komputasi awan yang bisa digunakan kapan dan di mana saja, asalkan tersambung ke Internet.

7. Download aplikasi penting

Layanan alih bahasa, peta, penunjuk jam dan arah adalah aplikasi yang wajib ada di ponsel para traveler. Jangan lupa juga akun media sosial tentunya.

8. Pilih hostel ketimbang hotel

Jangan ragu memilih hostel karena bisa menekan biaya penginapan. Jangan berpikir kalau hostel itu kotor, berisik, dan berbahaya. Sebab di luar sana, banyak juga hostel yang pelayanannya cukup baik. Yang penting, kamu mesti berburu hostel yang memiliki reputasi baik berdasarkan pengalaman pelancong lain.

9. Kunci ponsel

Pastikan ponselmu terkunci ketika bepergian, terutama ke daerah yang cukup rawan. Hindari mengantongi ponsel atau menentengnya di tempat umum untuk menghindari penjambretan. Kalaupun sedang sial, kamu bisa berharap si pencuri tak bisa mengaksses data di dalam ponsel tersebut. Jika perlu, unduh aplikasi antimaling di ponselmu dan aktifkan selalu fitur pelacak.

10. Jaga sikap dan tetap waspada

Ketika bepergian, ingatlah kalau kita sedang bertamu ke daerah orang lain. Jagalah sikap dan tetap waspada terhadap orang baru yang kamu jumpai. Bukan maksud berprasangka buruk, tapi mencegah lebih baik ketimbang terlanjur terjadi bukan?

Reporter: Tempo.co
Editor: Rini Kustiani
Share on Google Plus

About admin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment